Thursday, April 30, 2009

"MEMAAFKAN" Simple, tapi apa iya semua orang bisa? :)

Memaafkan bukanlah hal yang mudah, bahkan menurut beberapa orang, mereka lebih baik mati dari pada memaafkan.
Namun tahukah kamu kalau memaafkan bisa bikin umur panjang ?

 memaafkan dapat mengurangi rasa stress. Keadaan seperti naiknya tekanan darah, ketegangan otot, dan keringat berlebih akan berkurang.

 selain itu, jantung anda akan mendapat manfaat dari memaafkan. Penelitian menyebutkan bahwa ada hubungan antara memaafkan dengan detak jantung dan tekanan darah yang stabil.

 rasa sakit dan rasa cemas juga dapat diatasi dengan kita memaafkan.

 dengan memaafkan maka hidup anda juga akan lebih bahagia, dengan memaafkan, membuat anda menjadi orang yang berbeda dengan yang menyakiti anda.

 penelitian juga membuktikan, bahwa sebagian besar orang yang melakukan konsultasi dengan psikiater atau psikolog adalah orang – orang yang sukar memaafkan.

 fakta menarik yang juga ditemukan adalah bahwa ternyata perempuan lebih mudah memaafkan dari pada laki – laki. Perempuan juga mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah lebih baik dari pada laki – laki.







Kalau memang ternyata anda masih sulit memaafkan, mungkin tips di bawah ini bisa membantu langkah anda untuk memaafkan.

☻ ekspresikan seluruh kesah anda, menulis diary atau curhat ke orang terdekat akan membantu anda menjadi lebih lega.

☻ bertanggung jawablah atas emosi yang anda rasakan, anda sendiri yang mempunyai kendali kapan harus berhenti marah atau kecewa.

☻ jelaskan kepada orang lain, bagaimana sudut pandang anda, apa yang membuat anda sedih, kecewa dan marah, agar mereka mengerti. Tapi jangan lupa untuk bisa memahami sudut pandang orang lain.

☻ dan yang terakhir, buatlah keputusan untuk memaafkan. Ketika anda melakukannya, berarti anda telah siap untuk move on and let it go !!!

No comments: