Saturday, January 2, 2010

TRAMEDI* DI SUATU PAGI YG (CUKUP) CERAH


*Tramedi, mungkin pada blm pernah denger istilah aneh yg gw pake. Gw sebut tramedi coz kejadian ini (mungkin) merupakan tragedi buat adik gw, but so funny for me :D so gak salah dong, kalo gw sebut itu tramedi alias tragedi+komedi (VT) = Versi Tia** biasanya media massa kalo mau ngasi ket. tentang kata or kalimat tertentu suka nulis (bla bla bla, red. ) naah krn ini tulisan gw, jadinya yaa seperti yg kalian baca itu =P 

And the story begin, di suatu pagi yg cerah (jd kayak fairy tale) 

Gak tau kenapa, akhir-akhir ini adek gw (cwo, satu-satunya) hobi bangeeet ngebohong trus kalo ketahuan niat banget ngeles! 

Adek gw yg kelas 1 SMA tuh kan ke skolah naek motor, tapi tumben2an 4hari ini, adek gw bangun pagiiiii banget (tanpa dibangunin, diteriakin, dikentongin atau disiram air sama nyokap gw) langsung mandi terus buru2 ke skolah, jam 6 pagi udah berangkat dari rumah jek, padahal biasanya jam *06.45 waktu rumah nyokap gw* tuch baru ngeluarin motor, orang skolah-nya cm berjarak 4,4km dr rumah gitu.

Naah, melihat keadaan yg cukup ganjil ini, nanyalah nyokap (N) sm adex (A) gw…

N : “dek, kok sekarang berangkatnya pagi sekali, tumben juga gak perlu dibangunin sama Mami plus diurak-urak suruh mandi udah bisa bangun sendiri”
A : “sama wali kelas suruh dateng pagi, Mih…piket kebersihan dulu, aku ngawasin –kebetulan adex gw emang ketua kelas—
trus kalo udah biasanya aku hotspotan dulu di kelas sebelum pelajaran mulai” –untung skolah’nya emang nyediain fasilitas free Wi-Fi beneran, coba kalo nggak, mau ngasi alesan ape dia?? Bantuin genjot becak? –
dgn sedikit rasa tdk percaya, akhirnya nyokap gw tetap melepaskan kepergian adek gw ke medan perang (sekolah, VT*)

Bukan cuma jam berangkat adek gw yg tak biasa…jam pulang skolah’nya jg menjadi luar biasa, di saat jam 02:00 siang temen2 adek gw udah pada ngorok di rumah masing2, adek gw tuch baru nyampe rumah sekitar jam 3 or 4 sore gitu…
pas ditanyain sm nyokap gw, jawabnya “aku ada rapat OSIS, Mih…” besoknya “disuruh bantuin guru komputer bikin data siswa, Mih…” ***laah, apa hubungan’nya coba? Emang adek gw nyambi jadi karyawan Tata Usaha apa??****
dengan adanya hil yg mustahal tjd sama adek gw (kalo tidak ada udang di balik rempeyek) ini, 

turunlah mandat dr nyokap gw ke gw buat menelusuri jejak langkah adek gw; kalo perlu menginvestigasi.
Langkah pertama : baca-baca sms inbox/sent items di hp adex gw, pas dia mandi or udah tidur.
Hasil : ada 1 nama yg patut dicurigai, telah mengajak adek gw ke jalan yg tidak benar.
Langkah kedua : pergi ke tempat bulik gw (anaknya kebetulan 1 skull ma adek gw, tp beda kelas)
Hasil : pada tanggal sekian, jam sekian, adek gw nitipin laptop di tempat bulik gw itu; dianya nganterin cwe pulang, yg mana rumah cwe itu pelosok & jauh dr peradaban.
Langkah ketiga : ngitung speedometer motor, kok kilometernya nambahnya cepet bener, dia PP ke skul sehari ajah harusnya cuma nambah 9km, lah ini kok 29km sehari??? Panteesss, kemaren tuch minta tambahan uang bensin sm nyokap gw.
Setelah gw rasa cukup bukti dgn hasil mjd Tia Bond selama 2hr, gw langsung laporan ke Nyokap..bla..bla..bla…
Nyokap gw sepakat untuk gak negur dulu si adek gw yg baru belajar bandel itu.
Keesokan paginya,
Nyokap gw (N) : “adek, berangkat pagi lg?” tanya nyokap gw datar
Adek gw (A) : “iya nich Mih, aq belon belajar, ada ulangan.”
(N) : “tapi dari rumah langsung ke skolahan toh? Gak pake mampir2 dulu?” tanya nyokap gw sambil tersenyum
(A) : “mampir piye tow Mih? Orang mau belajar dulu di skull, kug gag boleh??” adek gw mule kepancing
(N) : “loh, Mami khan cuma nanya, gag ada yg bilang gag boleh gitu, Mamih tuch ngasi kepercayaan sm kamu, dijaga baik2, mamih gag suka dibohongin”
Gw nyambung : “ yaaa, kali ajah mw nyambi jd tukang ojek, nganter jemput penumpang, siswi SMU dlm kota yg bertempat tinggal di perbatasan, yo ora jek? Ati2 ngapusi kuwi dosa lho, walopun berbohong dgn tujuan baik, menolong siswi yg kesulitan mendapat angkot untuk abonemen’nya ke skolah”
Adek gw : “terserah…” sambil buru2 make sepatu, trus setengah lari ke halaman, naek motor, langsung persneleng 4, gas pooollll…
Nyokap gw : “kakak, kok ngomongnya kasar, dibilangi ojo nyindir2, dibiarin aja dulu.”
Naaah ini nich, sedikit penyejuk ati buat elo yg ngerasa cwe, anak pertama & pny nyokap yg jg cwe (ups, wanita maksudku), kebetulan kalian jg pny adek cwo (bungsu apalagi). Pernahkah kalian merasa ada sedikit diskriminasi? Nyokap elo keliatan lebih sayang, lebih ngelindungi, lbh ngebelain adek cwo elo? Tenang saja sodara-sodara…gw turut merasakan penderitaan elo…
Back to poin, gw jawab nyokap “terserah Mami dech, selalu kayak gitu, Mami tuch gag cuman sekali-duwa kali tauuu, udah tau adek salah, masiiii aja dibelain…”
Gak selang beberapa lama sebelum sempat terjadi debat kusir, delman & kuda antara nyokap gw sm gw, terdengar suara motor masuk halaman rumah, adek gw balik lg dgn muka keik kepiting rebus, banting helm sambil teriak “doanya baguss yaa, terkabul dgn sukses tuch, ban motornya bocor”
“maksud adek apa? Nuduh Mamih ngedoain jelek? Mana ada Ibu nyumpahin anaknya”
“ada tuch Mih, ibunya Malin Kundang, ntu mah salah sendiri anaknya durhaka ya Mih?” aku nyamber tanpa diminta.
Eeeh tak dinyana tak diduga, nyokap malah ngebentak gw, hikz “kakak, diem dulu napa?!” teriak nyokap gw sangar.
Akhirnya ada orang yg ngejelasin, kejadian sebenernya, bahkan dia bersukarela untuk reka ulang, ternyata baru jalan 200m dari rumah, ban motor adek gw mendadak kempes gitu ajah. Tapi setelah dibawa ke tambal ban, ternyata thu motor kagak ape-ape sodara-sodara, cukup dipompa, langsung sehat wal afiat & siap menyusuri jalan2 lg mengantar sang majikan.
So…? Silakan bertanya2 sendiri (coz klo nanya gw, gw jg gag punya jawabannnya). Apakah ini karma krn boong itu dosa (apalagi sm ortu) jd kuwalat gitu? *hanya Tuhan & motor yg tahu*
Moral Story : buat kaum cwo (yg notabene sering banget berbohong, alih-alih white lies), waspadalah..waspadalah…Tuhan tidak tidur, darling…karma itu (pasti) ada…
NB (doa seorang kakak yg mulia) : Semoga adek gw kapok, gak jd tukang ojek lg, nganter jemput anak perempuan orang; berhenti ngebohongin nyokap gw. Amien…

No comments: